Apa Itu Aplikasi Keychain Access di MacBook dan Cara Menggunakannya

BERLAYARINFO.com – Bagi pengguna MacBook sudah tak asing lagi dengan berbagai aplikasi default atau bawaannya. Sabtu (24/2/2024).

Salah satunya aplikasi Keychain Access. Aplikasi ini ditandai dengan ikon kunci dengan latar belakang hitam. Keychain Access sendiri merupakan aplikasi yang memungkinkan pengguna bisa menyimpan dan mengelola kata sandi.

Selain itu saat Anda memasukkan kata sandi untuk situs web atau aplikasi tertentu, biasanya macOS akan menawarkan untuk menyimpannya di Keychain, sehingga Anda tidak perlu mengingatnya setiap saat.

Keychain Access juga menyimpan sertifikat keamanan yang digunakan untuk otentikasi dan enkripsi data pada sistem macOS. Lantas bagaimana cara menggunakan Keychain Access? Selengkapnya berikut ini beberapa tutorialnya.

Menyimpan kata sandi secara manual Saat Anda membuat akun baru di situs web atau aplikasi, Keychain Access dapat menyimpan kata sandi Anda. Biasanya, akan muncul pop-up yang menanyakan apakah Anda ingin menyimpan kata sandi Selanjutnya Klik “Simpan”.

Cara menyimpan kata sandi secara manual di Keychan Access Buka Keychain Access Pilih “File” > “New Item” Pilih “Password” Klik ikon “Buat” di pojok kanan atas Masukkan informasi “Keychan Item Name”, “Account Name”, dan “Passwords” Kemudian pilih “Add”.

Cara menemukan kata sandi yang lupa

• Buka aplikasi Keychain Access

• Setelah aplikasi terbuka, pilih “All Items” dalam bagian “Category”

• Selanjutnya ketik nama situs atau web di kolom pencarian yang berada di pojok kanan atas aplikasi

• Klik dua kali pada nama situs/web yang tersimpan di Keychain Access tersebut • Kemudian, bakal muncul jendela baru yang memuat informasi situs yang Anda cari.

• Lalu, centang kotak yang ada di kolom “Show Password”

• Masukkan username dan password dari akun perangkat Mac Selanjutnya kata sandi bakal muncul otomatis di kolom “Show Password” Anda bisa menyalin kata sandi tersebut untuk keperluan tertentu

Demikian uraian mengenai aplikasi Keychain Access dan cara menggunakannya. Semoga bermanfaat.

Sumber: kompas.com

 

(Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *