Balon Walikota dan Wawako Batam 2024 Semakin Seru, Belum Ada Yang Mendominasi

BERLAYARINFO.comBatam, Perhelatan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang diprediksi dilaksanakan bulan November 2024 mendatang, mulai hangat diperbincangkan oleh khalayak ramai.

Khusus untuk Bakal Calon (Balon) yang dijagokan untuk Walikota dan Wakil Walikota Batam jadi bahan diskusi  menarik ditengah-tengah  masyarakat.

Pantauan media BERLAYARINFO.com  di lapangan, untuk sementara Balon Walikota Batam, nama Hj Marlin Agustina (saat ini masih aktif sebagai Wakil Gubernur Kepri.red) dan Amsakar Ahmad (saat ini masih aktif sebagai Wakil Walikota Batam.red), pencalonan kedua tokoh ini sudah diketahui rata-rata oleh warga Batam. Dari 10 warga dan beragam profesi, ketika dimintai tanggapannya siapa yang pantas memimpin Batam ke depan, 4 diantaranya lebih memilih Amsakar Ahmad, 3 menyatakan pilihan ke Hj. Marlin Agustina dan 3 orang diantaranya masih belum tahu akan memilih siapa.

4 (empat) warga yang mendukung Amsakar menjadi Walikota Batam antara lain RP (65 tahun) pedagang kue yang tinggal di perumahan Sakinah-Batu Aji, Lubis (55 tahun) tokoh warga Perumahan Genta-Batu Aji, pedagang yang dijuluki Silaba-laba (54 tahun) karena menjual gorengan sarang laba-laba dan pedagang yang dijuluki si Doger (39 tahun) karena menjual es doger sehari-harinya di sekolah.

Alasan 4 warga yang mendukung Amsakar sebagai calon Walikota Batam, alasan mereka berhasil dirangkum awak media ini. RP misalnya, memberi alasan mengapa dia lebih memilih Amsakar dibanding calon lain karena ditinjau dari beberapa pertimbangan, ia merasa sosok Amsakar lebih cocok memimpin Batam 5 tahun mendatang. Ia menilai Amsakar sudah lama dibirokrasi pemerintah.

“Lebih paslah beliau memimpin Batam, dibanding calon lainnya. Memang, pak Rudi (Walikota Batam dan Kepala BP Batam.red) adalah  suami dari ibu Hj Marlin Agustina, kita ketahui selama memimpin Batam sudah bekerja keras untuk kemajuan Batam,” ucapnya.

Lebih lanjut, RP mengatakan, kalau pak Rudi cocoklah maju untuk Kepri I, kita siap mendukung. Tetapi  jangan sampai memaksakan diri untuk mencalonkan istrinya maju untuk Batam I.

“Kita takutkan, kalau gubernur suami dan istri Walikota sangat rentan yang namanya KKN (Korupsi Kolusi Nepotisme), apa tidak ada orang pintar lagi mampu memimpin Batam ?,”  jelasnya sambil mencontohkan apa yang dialami mantan Gubernur Banten Ratu Atut, dulu yang tersandung kasus korupsi.

Di tempat terpisah, Lubis, memberi alasan mengapa ia lebih mendukung Amsakar sebagai Walikota Batam dibanding calon lainnya karena menurutnya sosok Wakil Walikota Batam ini adalah pemimpin yang cerdas dan berpendidikan tinggi.

“Untuk memilih pemimpin Batam yang mengenyam pendidikan tinggi, bukan pemimpin yang  hanya memiliki ijazah paket C,” kata Lubis mengajak warga Batam tanpa menjelaskan lebih rinci calon pemimpin siapa yang dia maksud.

Pedagang Sidoger dan Silaba-laba, dimintai tanggapannya mengapa lebih memilih Amsakar dibanding calon lainnya menurut mereka berdua, sosok Amsakar kelihatannya sangat pantas untuk memimpin Batam. “Berilah kesempatan Wakil Walikota Batam ini melanjutkan pembangunan yang sudah dirintis Walikota Batam, M Rudi.  Janganlah pemimpin Kota Batam ini dari nama itu-itu saja, ujar pedagang Sidoger ini sambil melayani pembeli es dogernya.

Sedangkan 3 warga yang menyatakan dukungan kepada Hj Marlin Agustina antara lain: MPM Sidabutar memberi alasannya mendukung Wakil Gubernur Kepri  ini menjadi Walikota Batam, karena ia nilai sosok Hj Marlin Agustina, sangatlah merakyat.

“Beliau tidak membeda-bedakan warga dari latar belakang dari daerah asal, suku, agama atau golongan. Sosok ke ibuannya sangat menonjol, dan  kepemimpinan seperti ini sangat dibutuhkan masyarakat, yang mengayomi semua golongan masyarakat,” ujar pekerja pers ini semangat.

Sedangkan Jojo dan Grace di Perumahan Permata Laguna ini mendukung Hj Marlin Agustina karena sudah bertemu langsung dengan beliau sewaktu pemberian sembako murah. “Ibu ini sangat ramah, tidak ada jarak dengan warga yang menyapanya,” kata Grace. Sedangkan ibu Jojo yang berprofesi sebagai guru swasta ini mendukung Hj Marlin Agustina karena di nilai ibu ini  sangat respek terhadap nasib para guru, khusunya perhatian terhadap guru TK. Hj Marlin Agustina adalah Bunda Paud Kota Batam.

3 Warga yang berprofesi sebagai orang tua murid, masing-masing (SY, LH dan RM) di halaman sekolah SD di bilangan Fanindo, mengatakan pada BERLAYARINFO.COM sejauh ini belum mau menjatuhkan pilihannya kepada calon Walikota Batam tertentu.

Untuk Balon Wakil Walikota Batam yang mengemuka anatara lain: H Irwansyah (Anggota DPRD Kepri, Jefridin (Sekretaris Daerah Kota Batam, Sirajudin Nur dan Aweng (disebut pengurus Partai Demokrat). MPM Sidabutar, warga Perumahan Rexvin -Kecamatan Sagulung ini berpendapat yang paling ideal mendampingi Calon Walikota Batam Hj Marlin Agustina adalah Jefridin. Pendapat Sidoger dan Silaba-laba, nama H Irwansyah lebih terkenal di masyarakat dibanding nama Jefridin.”Nama Jefridin belum pernah kita dengar,”ujar Silaba-laba lagi.

Bang Hasan salah satu anggota KNPI Kota Batam menyampaikan bahwa Jefridin adalah mantan pengurus KNPI Batam.

“Tapi setelah menjabat sebagai Sekretaris Dearah Kota Batam, sangat susah untuk dijumpai. Biasalah kalau sudah diatas, tidak ingat lagi kita-kita yang dibawah”tegasnya.

Begitu juga pengakuan beberapa rekan media lain terhadap sosok Jefridin, banyak yang mengaku kecewa.

“Sewaktu mau minta audiensi dengan beliau, awalnya hp terlihat garis dua, dan tidak ada balasan. Malah Hpku ujung-ujungnya dia blokir,” ujar senior pers ini heran.

Informasi ini menjadi salah satu masukan untuk bahan pertimbangan bagi calon Walikota Batam, untuk menyeleksi  siapa yang pantas mendampingi sebagai wakil Walikota Batam untuk kemajuan Batam di masa mendatang. (Tohom).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *