Surat Rujukan Ada, RS Jasmine Diduga Melakukan Pungli dengan Minta Biaya Berobat

BERLAYARINFO.com – Salah satu rumah sakit di kota Batam terindikasi melakukan pungutan liar (pungli) kepada pasien.

Terungkapnya hal ini saat tim media mendatangi rumah sakit tersebut, yang bernama Rumah Sakit Jasmine di Komplek Ruko Duta Raya Batam Center pada Rabu (24/1), sekira pukul 14.01 WIB.

Kronologi berawal dari salah satu pasien berinisial OLM yang hendak pergi berobat di RS Jasmine dengan membawa hasil surat rujukan dari rumah Fasilitas Kesehatan (Faskes) Tingkat I, Puskesmas Punggur.

Diceritakan keluarga OLM, Tomas Yeferson Lature menceritakan bahwa pasien OLM yang sedang hamil merasa kesakitan karena hampir mendekati waktu kehamilannya, dan akhirnyapun ditempatkan di Unit Gawat Darurat (UGD) RS Jasmine guna diberikan pelayanan yang itensif.

“Sembari diberikan pelayanan, pihak RS Jasmine menyodorkan kepada keluarga pasien selembar kertas untuk ditanda tangani,” ungkap Tomas Lature.

Tomas Lature menambahkan, isi dari selembar kertas tersebut ternyata sebuah pemberitahuan untuk tagihan pembayaran pemeriksaan dan pelayanan.

“Kami kaget, kok bisa kami bayar ? Sedangkan, kami ada surat rujukan yang dikeluarkan oleh Puskesmas Punggur,” bebernya.

Singkat cerita, Tomas Lature bersama suami OLM mendatangi kembali RS Jasmine untuk menanyakan secara detail terkait pelayanan yang diberikan kepada pasien. Direktur RS Jasmine berhasil ditemui.

“Direktur RS Jasmine, dr. Nadia mengatakan kepada kami bahwa ini kesalahan teknis saja. Dana pembiayaan yang telah dibayarkan melalui transfer m-Banking, akan kita kembalikan,” kata Tomas Lature saat dimintai keterangan oleh awak media ini.

Saat tim media ini datang ke lokasi, tampak kedua belah pihak berunding dan menyelesaikan hal ini secara kekeluargaan, baik dari RS Jasmine maupun keluarga pasien OLM.

Terkesan beralibi, seorang staf RS Jasmine, Raman menyampaikan kepada media ini bahwa kami akan menyelesaikan ini secara kekeluargaan.

“Kami persuasif kok pak. Kami dari pihak RS Jasmine siap menyelesaikan persoalan ini dengan baik,” kata Raman ke awak media.

Dari BPJS Kesehatan saat dikonfimasi. Pihaknya melakukan pengecekan terlebih dahulu.

“Kami kroscek dlu ya pak ke rs nya,” jawab N secara singkat via WhatsApp (24/1).

Pada hari ini, Kamis (25/01). Tim media ini melakukan konfirmasi kepada dr. Nadia selaku Direktur RS Jasmine, namun tidak ada jawaban.

Untuk diketahui, menurut informasi dari keluarga pasien OLM. Pihak RS Jasmine belum ada pengembalian dana sebagaimana yang dijanjikan kepada keluarga pasien.

Hingga berita ini diterbitkan, tim media masih berupaya mencari tahu informasi yang lebih valid baik kepada pihak BPJS Kesehatan maupun kepada pihak rumah sakit secara detail dan juga kepada pihak – pihak terkait lainnya.

(Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *